Bacalah

Learning is forever

RSS Feed

Going where this year?

Cerita 2 Bulan Lalu

1 Comment
Posted by Taufiq on October 3, 2011 at 7:09 am

Akhirnya setelah 4 bulan kandang saya anggurin, terbesit pikiran ngeblog wae lah. Padahal dari kemaren sudah ada niatan, tapi karena cuma sebatas niat ya mau bagaimana lagi. :hammer:

Terhitung dari kemaren Juni, udah banyak hal yang saya lakukan. Mulai dari ngrampung ne urusan PKM, KKN, Gemastik kedua yang lagi2 gagal, pit2an keliling Jogja, sampe nggarap proposal PKM lagi.

Khusus untuk KKN, saya KKN di Dusun Sekendal, Desa Hargotirto, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo. Ini adalah KKN bikinan LPPM. Ada satu dan lain hal yang menyebabkan saya ikut KKN ini. Disana Program Utama nya adalah mengembangkan mini industri Gula Semut hasil deresan para penduduk. Disana sebagian besar mata pencaharian para kepala keluarga adalah menderes. Menderes utawa ndewan ini istilahnya adalah mengambil air kelapa dari pelepah pohon kelapa, jadi bukan dari buah kelapanya. Air kelapa ini direbus untuk menguapkan kadar airnya. Setelah kadar airnya bener2 minim, tersisa lah gula yang kalau dicetak jadi Gula Jawa, dan kalau dimasak lagi sampai gak ada kadar airnya sama sekali, jadilah Gula Semut.

Trus untuk program individu saya sendiri ada pengadaan lampu, pelatihan alat pengemas dan penggerus Gula Semut, dan apalagi ya? Kok lupa. 😮

Overall, banyak pelajaran yang saya ambil dari KKN ini. Bener2 pelajaran untuk hidup ditengah masyarakat dengan posisi kita sebagai pendatang. Kebetulan sih saya jadi Kormasit, yang dimana Sub Unit saya hanya ada 5 orang. Padahal di Sub Unit teman2 Elins di Unit lain rata2 pada 8 atau 7 orang, bahkan ada yang 10 orang. Dan semuanya baru kenal di persiapan sebelum KKN. Untungnya semuanya berjalan dengan lancar dan tinggal menunggu nilai keluar. Hehehe

Untuk kegiatan2 yang lain, mungkin akan saya ceritakan next time.

You can leave a comment, or trackback from your own site.

1 Comment

  • On October 4, 2011 at 11:45 am mantab !! said

    mantab om !!!

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *