Bacalah

Learning is forever

RSS Feed

Going where this year?

Power Metal

0 Comments
Posted by Taufiq on February 13, 2011 at 12:08 pm

Selama ini, kiprah saya sebagai pendengar setia musik tidak bisa lepas dari genre yg namanya Power Metal. Mulai dari pertama saya kenal musik metal, kalo gak salah kelas 1 SMP, saya udah dengerin Helloween dan langsung kepincut sama deru dobel pedal+deep bass-nya, alunan gitar melodik, dan suara melengking khas metal. Waktu itu albumnya yang Better Than Raw. Dan waktu itu saya putuskan saya adalah seorang Power Metalhead.

Lalu berlanjut pas SMA, ada band baru yg personelnya jg tidak terlalu jauh selisih umurnya sama saya, yaitu Dragonforce. Di kala semua orang bermain metalcore, Dragonforce berani mendobrak dengan metal yg melodik dan cepat ala taun 80-an. Waktu SMA saya juga mulai mengenal macem2 power metal, ada yg symphonic power metal semacam Rhapsody, gothic power metal kayak Nightwish, death power metal yg diusung Nevermore, dan yg klasik pun masih mempertahankan sentuhannya dengan digawangi oleh Helloween.

Dari artikel2 yg saya baca, power metal dimulai oleh Helloween ketika gelombang band2 rock dari Inggris dan Amerika seperti Van Hallen, Deep Purple, Led Zeppelin, dan Black Sabbath menyerbu Jerman pada akhir tahun 70-an. Ketika itu Helloween meramu sendiri resep metal-nya dengan ciri khas musik cepat dan melodik. Iron Maiden dan Judas Priest dari Inggris yang juga muncul di akhir 70-an juga memainkan musik dengan ciri yang sama. Dan akhirnya jenis musik ini menyebar ke seluruh Eropa bahkan seluruh dunia. Di Indonesia pun juga ada band power metal, namanya juga Power Metal. Kualitas musiknya pun sama dengan power metal eropa, cuma liriknya aja yg pake bahasa Indonesia.

Yang saya suka dari band2 power metal sebenarnya sederhana, walaupun bermain cepat, bahkan kadang2 lebih cepat dari death metal, namun mereka tetap bisa bermain melodius. Walaupun metal, tapi lagu2nya pun juga enak dinyanyikan. Liriknya sebagian besar juga tentang perjuangan, struggle, semangat, kemerdekaan, dan pokoknya positif lah. Jadi cocok banget lah buat teman belajar ketika mau ujian.

Dan walaupun metal, sebagian band power metal juga punya lagu2 slow, kayak Windmill-nya Helloween, Draginforce-Trail of Broken Heart, dll.

Berikut ini saya cantumin 4 album yang menurut saya terbaik lah dari genre Power Metal, barangkali ada yg tertarik mau ndengerin, bisa donlot langsung dari laptop saya. Hehe

Helloween – Keeper of The Seven Keys part1 & 2
Hammerfall – Renegade
Dragonforce – Inhuman Rampage
Rhapsody – Symphony of Enchanted Lands
Blind Guardian – Tales from the Twilight World
Iced Earth – Dark Saga
Stratovarius – Fourth Dimension

You can leave a comment, or trackback from your own site.

0 Comments

You can be the first to comment!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *