Bacalah

Sempu Island Part 1. Gajah Terakhir Jurusan Malang

0 Comments
Posted by Taufiq on June 5, 2010 at 12:14 pm

Kemaren pertengahan Februari, saya diajakin oleh Feri, Tege dan Frisky untuk ikut piknik ke pulau Sempu di Malang bersama temen2 Elins. Pertamanya saya ragu2 mau ikut ato enggak, soalnya pas itu juga bertepatan dengan CDT-SW. Tapi setelah melihat2 foto2nya Arip dan Arifin disana, kok kayaknya menggiurkan ya. Dan untungnya ke Sempu nya diundur sampe tanggal 15 Februari, dan katanya bisa balik ke Jogja Kamis pagi, jadinya saya tetep bisa ikut SW.

Akhirnya saya memutuskan untuk ikut baru pas minggu malemnya. Dan packingnya baru Senin sore, padahal jam6 dah harus kumpul di HM. hahaha. Setelah kumpul di HM, ternyata yg ikut ada 10 anak, yaitu Arifin, Danang, Jihad, Firyan, Tege, Rodhi, Edwin, Chip, Damar, dan saya plus Frisky yang nanti katanya langsung nyusul ke Malang dari rumah mbah nya di Kediri. Selanjutnya kita ke Stasiun Lempuyangan. Matur nuwun buat Feri, walopun gak jadi ikut ke Sempu, tapi ikut nganterin saya ke Stasiun. Rencananya kami mau naik kereta jurusan Surabaya.

Jam 10, kereta yang ditunggu2 pun tiba, Gaya Baru Malam kelas Ekonomi Jakarta-Yogyakarta-Surabaya. Di dalem kereta, penuh dengan macem2 manusia. Dan pedagang bersliweran silih berganti. Akhirnya saya pun hanya bisa berdiri sambil melihat pemandangan. Kereta ini setiap ada stasiun kecil mesti berhenti, maklum, ekonomi. Yang baru saya tahu juga, ternyata toilet di kereta baunya naudzubillah banget lah. Sampe2 saya yg kebelet jadi gak nafsu lagi buat buang hajat. Di Balapan Solo, akhirnya ada juga kursi kosong, sayapun duduk, eh tau2 merem deh. Selama di perjalanan saya gak konsen tidur, gara2nya macem2 pedagang pada teriak2. Ada yg jual pecel, nasi, apel, kopi, teh, popmi, tisu, gelang, peci, kalung, sampe2 kolonyet (barang opo meneh kui). Akhirnya sampe Mojokerto saya bener2 bangun, lalu pindah duduk ke yg deket temen2.

Sampai di stasiun Wonokromo Surabaya jam 4 pagi. Kita pun shalat Shubuh dan leyeh2 nunggu kereta kahuripan jurusan Malang jam5. Jadinya saya hanya bisa menikmati kota Surabaya dari stasiun. Di kereta, kita bisa langsung duduk, soalnya masih pagi. Perjalanannya nglewatin Porong Sidoarjo, dan tanggul lumpur Lapindo-nya ternyata ada di sebelah rel persis dengan tinggi kira2 10 meter-an. Juga keliatan beberapa pegunungan dan sawah2. Pedagang pun juga masih aneh2, ada sate keong, rubik marai mumet, tisu pasir, jam5 teh anget trus ganti jadi es teh jam 8, gajah terakhir, dll. Di Malang juga nglewatin beberapa stasiun sebelum turun di Kota Baru jam 8.

Dari Kota Baru langsung nyarter kol ke Turen. Sampe Turen jam 9, kita istirahat n sarapan dulu di Masjid Az-Zam Zam sambil nunggu Frisky yg dari Kediri. Tapi bocahnya lama banget ditunggu2 gak muncul2. Akhirnya setelah nunggu 3 jam, Si Frisky muncul. Kita nyarter kol lagi ke Pantai Sendangbiru, pintu gerbang ke Pulau Sempu-nya. Di perjalanan, pemandangannya juga lumayan nyegerin mata, perbukitan dengan sawah2. Jalannya ternyata cukup kejam soalnya aspalnya sudah pada ompong. Sampai Sendangbiru jam 2 siang. Kita pun shalat n makan bakso buat snack dulu, lumayan buat ganjel perut. Disana ada penampakan beberapa bule yg lagi borong ikan. Dan kayaknya saya ada firasat, nantinya si bule2 ini akan muncul lagi di cerita selanjutnya. Akhirnya kami nyewa perahu untuk menyeberang ke pulau Sempu. Kita muter sebentar ke sebelah barat pulau dan sudah kelihatan pulau yang bakal kita jelajahi. Dan, Welcome to Sempu Island!

to be continued… (Part 2. Last Kiss of E398 in The Tropical Island)

You can leave a comment, or trackback from your own site.

0 Comments

You can be the first to comment!