Bacalah

Learning is forever

RSS Feed

Going where this year?

Kecerobohan dan Migrasi Distro

0 Comments
Posted by Taufiq on July 17, 2010 at 4:57 pm

Wuah, lama bgt gak posting..Mw cerita apa ya? Hmmm..yweslah cerita linux aja lah..

Jadi bgini, saya barusan pindah distro dari Slackware ke ArchLinux. Setelah 5 bulan make Slackware 13.0, saya tergiur pengen upgrade ke Slackware 13.1. Yasudah tanpa pikir panjang langsung slackpkg upgrade-all, dan selanjutnya reboot untuk melihat apa yg bakal terjadi. Taaraa!!! Setelah masuk layar booting Compaq, layar Lilo pun keliatan, tapi setelah di-enter Slackware nya, ternyata gak mw booting! Wah, opo iki? Saya pun konsultasi ke SIC kepada para master. Dan disana sempet berusaha ngebenerin Slackware nya pake Slax. Tapi ternyata gak mw juga.

Setelah Googling, ternyata untuk upgrade versi Slackware dibutuhkan cara2 khusus. Nah ini yang gak saya perhatikan. Selama ini saya nginstall program kebanyakan pake cara manual ./configure, make, make install. Kemungkinan program2 ini konflik sama program yg ke upgrade-all. Dan sebenernya hal2 itu diliat di README.txt. Kecerobohan yg sangat konyol. Hahaha. Tapi gak papa lah buat pengalaman. Gak rusak gak belajar. Cuma softwarenya kok.

Dan kata temen2 di dunia maya, sebenernya si Slackware masih bisa dibenerin. Tapi berhubung males dan pengen ngicipin ArchLinux, saya pun langsung pinjem cd nya di SIC, tapi kayaknya ni cd bermasalah. Saya pun nge-burn sendiri cd nya pake iso yg ArchLinux 2009.08. Pas verification pas nge-burn nya, eh eror. Tapi berhubung napsu pengen ngicipin Arch, tanpa pikir panjang langsung booting tu cd trus arch/setup. Dan proses instalasi berjalan kayak biasanya. Yah, dasarnya cd nya eror, setelah booting lagi masuk startup terjadi beberapa hal yg ganjil, kyk program yg udah di-pacman tapi kemudian kembali seperti semula lagi.

Akhirnya terpaksa saya ngeburn lagi. kali ini donlot yg iso ArchLinux 2010.05. Dan alhamdulilah burn kali ini berjalan lancar sampe selesai tanpa eror. Kemudian nginstal lagi. Tapi ternyata ada masalah lagi, proses nginstal driver wireless nya di Arch ternyata beda sama di Slackware. Setelah Googling, ternyata caranya jg cukup kompleks. Perlu bikin package secara manual sendiri dulu. Hahaha. Tenyata di ArchLinux yg digembor-gemborkan akan pacman -S nya itu, perlu ngompile2 jg. Yoweslah sg penting icip2. Untuk cara-nya, bakal saya beberkan di posting selanjutnya.

Kemudian yg saya pacman antara lain hal, fam, python, alsa, ntfs-3g, dan tentu saja KDE biar gak cuma item2 thok. Dan jadilah ArchLinux di Compaq Presario CQ40-104AX.

You can leave a comment, or trackback from your own site.

0 Comments

You can be the first to comment!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *